Senin, 15 April 2013

“Look at me and follow me…”

“Look at me and follow me…”

Kepuasan memang tak akan pernah habis, keinginan untuk dikenang atau eksistensi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh manusia. Tidak terlepas dari itu organisasi-organisasi politik mulai melaksanakan political marketing. Political marketing merupakan variasi dari kebijakan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan seorang atau proyek politik dengan menggunakan model teknik pemasaran komersial sebagai mewakili seperangkat metode yang dapat digunakan oleh organisasi-organisasi politik untuk pencapaian tujuan dalam hal program politik atau dalam memengaruhi perilaku para calon pemilih dengan melakukan propaganda, dengan adanya political marketing diharapkan masyarakat dapat terpengaruhi dan dapat memenuhi isi otak masyarakat terhadap kiasan atau slogan yang diberikan oleh organisasi-organisasi politik.

Ketika mendekati pemilu raya dengan sigap para partai politik menyusun “Tim Sukses” yang nantinya merekalah yang mengatur semua kebutuhan kampanye termasuk melalu political marketing. Dibutuhkan daya kreatifitas yang tinggi supaya partai politik atau wakil dari partai yang diusungnya menyentuh serta memengaruhi perilaku para calon pemilih dengan melakukan propaganda yang sudah dipersiapkan. political marketing sendiri sangatlah penting untuk diterapkan oleh partai politik yang baru berdiri, hal ini dikarenakan partai yang baru berdiri akan membangun image yang baru di kalangan masyarakat. Akan tetapi political marketing juga penting bagi partai politik yang sudah berdiri lama guna mempertahankan image yang sudah mereka bangun sekian lama.
            Political marketing sangatlah dekat dengan media massa, hal ini dikarenakan media massa dikalangan masyarakat merupakan sesuatu hal yang paling strategis. Ashadi Siregar (2004) memetakan tiga fungsi instrumental media massa, yaitu untuk memenuhi fungsi pragmatis bagi kepentingan pemilik media massa sendiri, bagi kekuatan-kekuatan ekonomi dan politik dari pihak di luar media massa, atau untuk kepentingan warga masyarakat. Pengaruh media massa sangatlah kompleks mulai dari skala kecil (individu) dan luas (masyarakat) serta cepat (dalam hitungan jam dan hari) dan lambat (puluhan tahun/ abad) dampak itu dapat terjadi. Dengan demikian penerapan political marketing media massa menjadi salah satu hal yang sangat strategis.
              Sebagaimana mestinya partai politilah yang berlomba-lomba untuk berkerjasama dengan media massa, dengan pengharapan dapat menarik simpatisan masyarakat untuk mengikuti “janji-janji” yang diusung oleh partai politik tersebut. Dan akhirnya partai politik yang mampu berkerja sama dengan banyaknya media masalah yang dapat menguasai sebagian besar pasar suara milik masyarakat luas. Terlebih lagi dengan media massa jangkauannya lebih luas mengingat Indonesia sendiri terdiri dari beberapa pulau dan kepulauan yang sangat luas, lebih efisien daripada harus mendatangi satu-persatu pulau dan kepulauan yang ada di Indonesia, cukup dengan media massa dan semua penyampaian tersebar keseluruh penjuru Indonesia. Sehingga partai politik mana saja pasti menggunakan political marketing dengan media massa, “look at me and follow me” menjadi slogan yang melekat pada partai-partai politik tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar