“Look at me and follow me…”
Kepuasan memang tak akan pernah habis, keinginan
untuk dikenang atau eksistensi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus
dimiliki oleh manusia. Tidak terlepas dari itu organisasi-organisasi politik
mulai melaksanakan political marketing.
Political marketing
merupakan variasi dari kebijakan komunikasi pemasaran untuk
mempromosikan seorang atau proyek politik dengan menggunakan model teknik
pemasaran komersial sebagai mewakili seperangkat metode yang dapat digunakan
oleh organisasi-organisasi politik untuk pencapaian tujuan dalam hal program
politik atau dalam memengaruhi perilaku para calon pemilih dengan melakukan propaganda, dengan adanya political marketing diharapkan masyarakat dapat terpengaruhi dan
dapat memenuhi isi otak masyarakat terhadap kiasan atau slogan yang diberikan
oleh organisasi-organisasi politik.
Ketika mendekati pemilu
raya dengan sigap para partai politik menyusun “Tim Sukses” yang nantinya
merekalah yang mengatur semua kebutuhan kampanye termasuk melalu political marketing. Dibutuhkan daya
kreatifitas yang tinggi supaya partai politik atau wakil dari partai yang
diusungnya menyentuh serta memengaruhi perilaku para calon pemilih dengan
melakukan propaganda
yang sudah dipersiapkan. political
marketing sendiri sangatlah penting untuk diterapkan oleh partai politik
yang baru berdiri, hal ini dikarenakan partai yang baru berdiri akan membangun image yang baru di kalangan masyarakat.
Akan tetapi political marketing juga
penting bagi partai politik yang sudah berdiri lama guna mempertahankan image yang sudah mereka bangun sekian
lama.
Political marketing sangatlah dekat
dengan media massa, hal ini dikarenakan media massa dikalangan masyarakat
merupakan sesuatu hal yang paling strategis. Ashadi Siregar (2004) memetakan
tiga fungsi instrumental media massa, yaitu untuk memenuhi fungsi pragmatis bagi
kepentingan pemilik media massa sendiri, bagi kekuatan-kekuatan ekonomi dan
politik dari pihak di luar media massa, atau untuk kepentingan warga
masyarakat. Pengaruh media massa sangatlah kompleks mulai dari skala kecil (individu) dan luas
(masyarakat) serta cepat (dalam hitungan jam dan hari) dan lambat (puluhan
tahun/ abad) dampak itu dapat terjadi. Dengan demikian penerapan political marketing media
massa menjadi salah satu hal yang sangat strategis.
Sebagaimana
mestinya partai politilah yang berlomba-lomba untuk berkerjasama dengan media
massa, dengan pengharapan dapat menarik simpatisan masyarakat untuk mengikuti “janji-janji”
yang diusung oleh partai politik tersebut. Dan akhirnya partai politik yang
mampu berkerja sama dengan banyaknya media masalah yang dapat menguasai
sebagian besar pasar suara milik masyarakat luas. Terlebih lagi dengan media
massa jangkauannya lebih luas mengingat Indonesia sendiri terdiri dari beberapa
pulau dan kepulauan yang sangat luas, lebih efisien daripada harus mendatangi
satu-persatu pulau dan kepulauan yang ada di Indonesia, cukup dengan media
massa dan semua penyampaian tersebar keseluruh penjuru Indonesia. Sehingga
partai politik mana saja pasti menggunakan political
marketing dengan media massa, “look
at me and follow me” menjadi slogan yang melekat pada partai-partai politik
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar